Header Ads Widget

Selamat Datang di SMP Negeri 3 Lingsar

STIL Media

Laporan Pertanggungjawaban Bantuan Tahap II Bagi Siswa SMP Negeri 3 Lingsar yang Terdampak Gempa

PENDAHULUAN

Bencana gempa yang melanda Lombok mengakibatkan banyak kerusakan. Termasuk di wilayah kecamatan Lingsar kabupaten Lombok Barat. Tidak terkecuali desa Gegerung dan Dasan Geria yang merupakan kantong siswa SMP Negeri 3 Lingsar.

Raut kesedihan tidak hanya terlihat di wajah orang dewasa, tetapi juga anak-anak yang masih sekolah di SMP Negeri 3 Lingsar. Mereka banyak kehilangan perlengkapan sekolah saat gempa meruntuhkan tempat tinggal mereka. SMP Negeri 3 Lingsar pun merasa terpanggil untuk menggalang dana bagi siswa yang terdampak gempa agar mereka tetap bisa bersekolah. Setelah tahap I dilakukan, sekolah kembali menggelar penggalangan bantuan tahap II. Hal ini mengingat masih banyak siswa yang belum memperoleh bantuan berupa perlengkapan sekolah dan kebutuhan sehari-hari. Melalui program ‘Mereka Ingin Tetap Sekolah’ dibentuklah Tim Relawan untuk menggalang bantuan tahap II.

Kebahagiaan pun sedikit demi sedikit mengikis kesedihan mereka. Sebanyak 25 orang siswa memperoleh bantuan perlengkapan sekolah dari donasi para donatur. Selain itu, tambahan beberapa paket bantuan dalam bentuk barang menambah semangat mereka melanjutkan pendidikan.

Sebagai bentuk amanah dan transparansi, berikut kami sampaikan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Bantuan Tahap II yang ditujukan kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam program ‘Mereka Ingin Tetap Sekolah’ sekaligus gambaran pelaksanaan kegiatan.

Terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak terutama donatur yang telah memberikan kontribusi berharga dalam mendukung program ini. Semoga segala kebaikan mendapatkan balasan berkah terbaik bagi sebaik-baiknya hidup dan kehidupan.

Semoga kita tidak pernah lelah berbuat baik. Aamiin

PELAKSANAAN KEGIATAN

Kegiatan dilaksanakan dalam beberapa tahap, yaitu:

  1. Persiapan. Kegiatan dilaksanakan pada pertengahan Agustus 2018 setelah proses pembelajaran mulai berjalan normal. Persiapan meliputi pendataan dan assessment siswa terdampak gempa yang dilanjutkan dengan kunjungan ke lokasi bencana untuk mengetahui kondisi tempat tinggal siswa bersangkutan;
  2. Penggalangan Dana. Kegiatan dilaksanakan mulai 31 Agustus 2018 sampai 5 September 2018 melalui penyebaran informasi berupa e-flyer ke pihak lain melalui media sosial;
  3. Pengadaan Bantuan. Kegiatan dilaksanakan mulai tanggal 7 September 2018 menyesuaikan dengan kebutuhan siswa dan ketersediaan donasi dana dan barang yang diterima;
  4. Pengemasan Bantuan. Kegiatan dilaksanakan setelah semua barang bantuan terkumpul dan jumlah disesuaikan dengan jumlah siswa penerima manfaat;
  5. Penyerahan Bantuan. Kegiatan dilaksanakan secara simbolis oleh Kepala SMP Negeri 3 Lingsar dilanjutkan dengan pemberian kepada siswa di Posko Penggalangan Bantuan, dan di lokasi bencana pada tanggal 14 September 2018;
  6. Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban. Kegiatan dilaksanakan selambat-lambatnya dua minggu setelah kegiatan penggalangan bantuan tahap II berakhir.
  7. Evaluasi. Kegiatan dilaksanakan untuk mengetahui kendala selama pelaksanaan kegiatan penggalangan bantuan tahap II sekaligus penyusunan rencana penggalangan dana tahap III.

PENERIMA MANFAAT KEGIATAN

Penerima manfaat dari kegiatan ini adalah sebanyak 25 orang siswa SMP Negeri 3 Lingsar yang terdampak gempa di wilayah Jelateng, Geria Selatan, dan Penyangkaran kecamatan Lingsar kabupaten Lombok Barat.

  1. Diaz (Kelas 7B)
  2. Zilfa (Kelas 7B)
  3. Silvia (Kelas 7C)
  4. Abdurrahman (Kelas 7C)
  5. Muhsan (Kelas 7C)
  6. Iztin (Kelas 7C)
  7. Galwazi (Kelas 7C)
  8. Mindi (Kelas 7C)
  9. Yuliani (Kelas 7D)
  10. Suci Nopiana (Kelas 7D)
  11. Jamiludin (Kelas 8A)
  12. Nurlaela (Kelas 8A)
  13. Nurul Aini (Kelas 8A)
  14. Wahyuda (Kelas 8A)
  15. Indra (Kelas 8A)
  16. Asyroful Anam (Kelas 8B)
  17. Winda (Kelas 8C)
  18. Alan (Kelas 8C)
  19. Nilmala (Kelas 8C)
  20. Adrian Hidayat (Kelas 9B)
  21. Irwan Hadi (Kelas 9B)
  22. Sahroni (Kelas 9C)
  23. Ulan Sari (Kelas 9C)
  24. Hakiki Mahendra (Kelas 9D)
  25. Septiawan (Kelas 9E)

Masing-masing penerima manfaat mendapatkan bantuan berupa tas, sepatu, alat tulis, buku gambar dari donatur perorangan serta barang-barang lainnya berupa terpal, selimut, ember, handuk, obat nyamuk oles bantuan dari Lembaga Perlindungan Anak (LPA) NTB dan Saya Perempuan Anti Korupsi (SPAK).

TIM PENGGALANGAN BANTUAN

Penanggung Jawab: Kepala SMP Negeri 3 Lingsar

K e t u a: Sri Mila Kartikasari, S.Pd.

Penggalangan Dana:

  1. Sudomo, S.Pt. (Koordinator)
  2. Tria Aprillantini, S.Pd.

Bagian Assessment:

  1. Denok Tri Nuladani (Koordinator)
  2. Salmiyana, S.Pd.

Publikasi dan Dokumentasi: Saiful Anhar. A.Md.

Transportasi: Abdul Majid

KEMITRAAN

Penggalangan bantuan tahap II ini tim menjalin kemitraan dengan beberapa pihak yang berkontribusi, yaitu:

  1. LPA NTB
  2. SPAK

LAPORAN KEUANGAN


Laporan Keuangan Bantuan Tahap II Bagi Siswa SMP Negeri 3 Lingsar yang Terdampak Gempa

Donasi Barang Bantuan Tahap II

DOKUMENTASI

Proses Assessment Siswa SMP Negeri 3 Lingsar yang Terdampak Gempa

Bantuan yang Berhasil Dikumpulkan

Penyerahan Bantuan Secara Simbolis oleh Kepala SMP Negeri 3 Lingsar

Penyerahan Bantuan Langsung Kepada Siswa

Penyerahan Bantuan Langsung kepada Siswa di Lokasi Tempat Tinggal Terdampak Gempa

PENUTUP

Demikian Laporan Pertanggungjawaban ini disusun dengan sebenar-benarnya sebagai bentuk amanah dan transparansi kegiatan kepada para donatur dan semua pihak yang telah berkontribusi. Kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak, semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat kepada penerima dan menjadi tambahan semangat untuk berbagi serta menebar manfaat kepada sesama yang membutuhkan.

Lingsar, 25 September 2018

K e t u a

ttd

SRI MILA KARTIKASARI, S.Pd.

Posting Komentar

0 Komentar