Header Ads Widget

Selamat Datang di SMP Negeri 3 Lingsar

STIL Media

Lomba Baca Puisi Meriahkan Aksi Literasi SMP Negeri 3 Lingsar

Memeriahkan Bulan Bahasa Tahun 2019, SMP Negeri 3 Lingsar menyelenggarakan Aksi Literasi selama bulan Oktober 2019. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk lomba dan gerakan membaca. Berbagai mata lomba yang dipertandingkan antarkelas meliputi Lomba Baca Puisi, Bercerita, Menarasikan Gambar, Majalah Dinding Kelas, Yel-yel Aksi Literasi, Pidato/Ceramah Agama, dan Hafidz Al Quran. Sedangkan kegiatan membaca diselenggarakan dalam bentuk gerakan ayo ke perpustakaan, lapak baca STIL Media, dan Pelatihan Jurnalis Cilik.

Aksi Literasi SMP Negeri 3 Lingsar

Sesuai dengan tema kegiatan kreasi dan literasi, kegiatan dipusatkan di perpustakaan sekolah bersangkutan. Tujuannya untuk menarik minat siswa agar lebih aktif mengunjungi perpustakaan untuk membaca.

Rangkaian diawali dengan Lomba Baca Puisi yang dilaksanakan dari tanggal 7 sampai 9 Oktober 2019. Peserta lomba merupakan perwakilan dari masing-masing kelas. Sebanyak 12 orang siswa menunjukkan kemampuannya dalam membaca puisi berjudul ‘Puisi untuk Adik’ karya Wiji Thukul.

Penampilan peserta membacakan puisi bertajuk ‘Puisi untuk Adik’ (Dok. Pribadi)

Beberapa di antaranya juga ada yang memilih membacakan puisi bertajuk ‘Selamat Pagi Indonesia’ karya Sapardi Djoko Damono. Terlihat banyak peserta didik yang memiliki bakat dan kemampuan dalam membaca puisi.

Salah seorang peserta membaca puisi berjudul ‘Selamat Pagi Indonesia’ (Dok. Pribadi)

“Setidaknya kita jadi tahu, bahwa anak-anak kita memiliki potensi. Tugas kita adalah terus menggali agar mereka semakin terasah,” demikian disampaikan oleh Ketua Dewan Juri, Hendrikus Haluan.

Juri dari unsur guru Bahasa Indonesia sedang memberikan penilaian (Dok. Pribadi)

Menurut guru senior mata pelajaran Bahasa Indonesia tersebut, kegiatan Aksi Literasi ini sangat mendukung perkembangan kemampuan literasi di sekolah. Di akhir perbincangan, pria yang sebentar lagi purnatugas ini berharap agar kegiatan berkelanjutan sekaligus sebagai upaya pembinaan.

[wpvideo prfiUmlB]

- mo –

Posting Komentar

0 Komentar